Wednesday, September 5, 2012

Bassis Beatles Terima Penghargaan di Prancis

 



Presiden Perancis, Francois Hollande, dijadwalkan akan menganugerahkan Officer Legion of Honour kepada Paul McCartney, mantan personel band legendaris Inggris The Beatles.
Upacara penganugerahan penghargaan itu akan diselenggarakan pada 8 September 2012 di Paris. Penghargaan tersebut merupakan anugerah tertinggi di Perancis. Aktor Clint Eastwood dan penyanyi Liza Minnelli telah menerima penghargaan itu.

Pihak McCartney sendiri belum ada yang memberi komentar.

Penghargaan tersebut dicipta oleh Napoleon Bonaparte pada 1802 dan disimbolkan dengan kerah berwarna merah. Penghargaan itu memiliki tiga tingkat--Chevalier, Officer, dan Commander.

Penghargaan tersebut memberi status sosial, bukan uang. Penerima penghargaan itu pun harus membeli medali mereka sendiri dari toko perhiasan berlisensi dengan harga 210-880 dollar AS untuk tingkat paling tinggi.

McCartney (70) merupakan pencipta lagu paling berpengaruh dalam sejarah. Ia sudah dianugerahi gelar ksatria oleh Ratu Elizabeth II dari Inggris. Pada 27 Juli 2012 ia bernyanyi bersama ribuan penonton pada pembukaan Olimpiade 2012 di London.

McCartney terkenal bersama The Beatles dan berkat lagu-lagu yang diciptanya bersama John Lennon, seperti "Yesterday" dan "Hard Day's Night". Ia kemudian berkarier sebagai penyanyi solo dan membentuk band Wings bersama dengan istri pertamanya, mendiang Linda.

Kini mantan personel The Beatles, yang bubar pada 1970, tinggal Ringo Starr (drum) dan McCartney (bas). Lennon (vokal) dan George Harrison (gitar) telah berpulang.

No comments:

Post a Comment